BERITA TERBARU

Tumbuhkan Sikap Peduli Warga SMANSA Melalui Bakti Sosial

SMA Negeri 1 Kota Jambi menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka melaksanakan program OSIS. Kegiatan rutin ini biasa dilakukan setiap tahun. Kali ini OSIS SMANSA memberikan bantuan ke Rumah Asuhan Izzati Jannah, pedagang kecil dan tukang sol sepatu Sabtu, (29/10/2022).

Sedangkan Baksos di SMANSA Senin (31/10/2022) diberikan kepada guru dan TU honorer, siswa tak mampu, dan warga dekat lingkungan sekolah yang hidupnya kurang beruntung.


Menurut Marlina, S.Ag selaku koordinator bakti sosial tujuannya meningkatkan rasa empati terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan serta menumbuhkan rasa simpati saling membantu dengan orang yang hidupnya kurang beruntung.

“Melalui kegiatan ini, dapat memberikan manfaat buat lingkungan panti asuhan, orang-orang yang hidupnya kurang beruntung. Juga bantuan kepada tenaga honorer di SMANSA, siswa tak mampu, dan lingkungan sekolah,” jelas Marlina, S.Ag Guru Pendidikan Agama SMAN 1 Kota Jambi.

Lanjutnya, dana yang diperoleh untuk kegiatan baksos dari uang OSIS dan sumbangan sukarela dari para siswa.

“Dana OSIS setiap tahun untuk baksos sudah dianggarkan posnya. Juga ada sumbangan dari warga SMANSA. Bantuan yang disalurkan berupa sembako,” kata Marlina.

Tambahnya, ia menghimbau kepada seluruh anak didik, guru, dan TU sekolah mari kita tumbuh kembangkan rasa peduli kepada mereka yang hidupnya kurang beruntung.

“Tahun depan, mari kita tingkatkan lagi bantuan kepada saudara-saudara kita. Orang yang berguna itu, bermanfaat buat orang lain dan lingkungannya,” tutup Marlina.

Atas kegiatan baksos yang dilaksankan OSIS, Irwansyah, S.Pd., M.Pd.I Kepala SMA Negeri 1 Jambi mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi pendidikan karakter bagi para siswa dan warga sekolah secara konstektual.

“Baksos Juga menumbuhkembangkan kepedulian kepada sesama sejak dini, agar tumbuh sikap rela berkorban untuk orang lain,” jelas Irwansyah. (SB)